PROPOSAL PEMBANGUNAN MASJID AL-AMANAH SMPN 3 LEMBANG





PROPOSAL PEMBANGUNAN MASJID
AL-AMANAH
SMPN 3 LEMBANG


A.   PENDAHULUAN
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Alhamdulillahi Rabbil ‘Aalamin, puji syukur hanyalah milik Allah SWT. Shalawat serta salam semoga tercurah selalu kepada Nabi Besar Muhammad SAW, para keluarga, sahabat, dan kita pengikutnya.
Dengan mengucap rasa syukur kehadirat-Nya karena atas izin dan petunjuk-Nya semata, sehingga terbentuklah susunan Panitia Pembangunan Masjid Al-Amanah
yang beralamat di Kampus SMP Negeri 3 Lembang, Jalan Raya Lembang No.29, Desa Jayagiri Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat, Indonesia.
Semoga Allah SWT senantiasa memudahkan dalam rencana ini hingga
pelaksanaannya. Amiin Ya Robbal Alamin.

B.   LATAR BELAKANG
 Masjid Al-Amanah merupakan sebuah masjid sederhana yang dibangun di atas lahan fasilitas umum (fasum) di Kampus SMP Negeri 3 Lembang. Bangunan masjid seluas lebih kurang 144 m2 mulai dibangun pada tahun 1999-2000 melalui anggaran swadaya masyarakat.
Sebagai satu-satunya masjid yang berada di lingkungan SMP Negeri 3 Lembang dan sekitarnya yang meliputi satu wilayah RW 02 kampung HBO  tersendiri, masjid Al Hidayah ini  menjadi sarana ibadah bagi lebih dari 1300 siswa-siswa dan 56 Tenaga Pendidik dan Kependidikan,dan staf Tata usaha 14 ORANG  yang beragama Islam, sertta warga muslim sekitarnya lingkungan sekolah, serta masyarakat yang sedang dalam perjalanan yang melintas di Gg.HBO dan Perumahan Hortikultura, Desa Jayagiri Kecamatan Lembang.
Dari sisi kegiatan dakwah keislaman, masjid Al-Amanah cukup intensif     melakukan berbagai kegiatan rutin, diantaranya yaitu :
1.     Sholat fardlu berjamaah dan sholat Jum’at.
2.     Kegiatan Remaja masjid (IKRIMAS)Al-Amanah SMP Negeri 3 Lembang
3.     Kajian Ilmu Fiqih setiap hari secara bergiliran sesuai jadwal
4.     Berbagai kegiatan KBM Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 3 Lembang
5.     Pembinaan kesiswaan berkaitan kajian islami
6.     Sholat Dhuha siswa smpn 3 Lembang.
7.     Sholat Tarawih warga lingkungan RT 02/05 Kp Gebeo Desa Jayagiri
8.     Peringatan hari besar Islam, sholat Iedul Fitri, Iedul Qurban dan lain-lain.

C.   LATAR BELAKANG PEMBANGUNAN
Rasulullah SAW. menginggatkan bahwa sebaik-sebaiknya shalat di rumah ialah shalat yang dikerjakan di rumah kecuali shalat fardlu. Shalat fardlu lebih utama dikerjakan di masjid secara berjamah. Hal ini menunjukkan pentingnya masjid sebagai sarana ibadah. Orang-orang yang terikat hatinya dengan masjid termasuk golongan orang yang akan mendapatkan perlindungan Allah SWT di hari kiamat, demikian dijelaskan Rasulullah dalam salah satu sabdanya.
Pengadaan masjid termasuk salah satu investasi amal yang akan mengalirkan pahala terus menerus bagi orang-orang yang berinfak untuk membangunnya. Karena hal ini merupakan salah satu dari tiga amal yang dinyatakan oleh Rasulullah SAW: Apabila anak adam meninggal dunia, maka putuslah segala amal perbuatannya kecuali tiga perkara, yaitu: sedekah jariah (termasuk membangun masjid), ilmu yang bermanfaat, dan anak yang shaleh yang mendoakan kedua orang tuanya” (HR. Muslim).
Sejarah pembangunan masjid Al-Amanah
Masjid Al Amanah dibangun pada tahun 2004 dapat dibilang seadanya dengan kualitas secukupnya. Sebagai contoh, kapasitas yang belum memadai untuk menampung seluruh siswa sembahyang dhuhur sampai 3 rombongan shalat dan ketika shalat jum`at membludak sampai ke area luar masjid dan menggunakan 3 ruang kelas. Dari waktu ke waktu jumlah siswa laki-laki kelas 7 s/d kls 9 sebanyak 34 kelas kurang lebih 500 siswa. Akhirnya pada periode kepala sekolah Drs.H.Wawan Kuswandi,M.Pd. seluruh siswa laki-laki diwajibkan sembahyang Jumat di DOM sekolah.Hasil rapat pengurus takmir masjid Al-Amanah dan pihak sekolah telah disepakati untuk merenovasi/pembangunan kembali masjid secara terstruktur dan terencana sampai lantai 2/bertingkat.

D.   MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dilakukannya renovasi masjid Al-Amanah adalah membangun rumah ibadah yang representatif bagi umat islam sebagai upaya yang ditujukan untuk:
1.    Memfasilitasi dan memberikan kenyamanan kepada Siswa SMP Negeri 3 Lembang dalam beribadah khususnya sembahyang Dhuhur, Ashar dan sembahyang Jum’at setiap hari belajar.
2.    Memberikan sarana bagi warga SMP Negeri 3 Lembang untuk berinfak di jalan Allah SWT dengan menyisihkan hartanya sebagai amal infak shodaqoh jariyah.
3.    Menjadikan masjid sebagai pusat aktifitas Siswa SMP Negeri 3 Lembang termasuk dakwah amal ma’ruf nahi munkar serta sarana pendidikan menuntuk ilmu agama Islam.
4.    Meningkatkan dan mengiatkan partisipasi aktif siswa, masyarakat khususnya umat muslim dari seluruh jamaah masjid, lingkungan RT.02/RW.05 sekitar, dalam hal da’wah, pembinaan’ aktifitas sosial sehingga meningkatkan keimanan dan terciptanya kehidupan masyarakat yang islami dengan ketaqwaan dan terbina ukhuwah diantara sesama warga (keshalehan sosial).

E.   WAKTU PELAKSANAAN
Panitia Pembangunan Masjid Al-Amanah SMPN 3 Lembang Sedang membangun/merenovasi dengan anggaran Rp.1,774.510.000 .Ketika mulai membongkar masjid lama kami memiliki dana kurang lebih Rp.88.000.000 langsung diterapkan mudah2an para dermawan/wati sudi kiranya menginfakkan sebagian hartanya untuk membantu menyelesaikan pembangunan masjid tersebut.
Pembangunan dimulai bulan Nopember 2019 s/d tanggal 21 Maret 2020 sudah menghabiskan dana Sekitar Rp.250.000.000.
Ini Rencana tampilan depan :
       Pelaksanaan pembangunan kembali masjid Al-Amanah SMPN 3 Lembang Insya’ Allah akan dilaksanakan pada Nopember 2019 sampai dengan selesai.

F.   LUAS MASJID
Lebar (Utara-Selatan)       : 12 meter
Panjang (Timur-Barat)      : 24 meter

G.   ANGGARAN DAN SUMBER DANA






H.  
STRUKTUR KEPANITIAAN
Renovasi /Pembangunan Masjid Al-Amanah akan ditangani sebuah panitia dengan Struktur personel sebagai berikut :
Pelindung     :         Kepala Desa Jayagiri
Penasehat    :         Kepala SMP Negeri 3 Lembang
                               (Drs.H.Wawan Kuswandi,M.Pd.)
Ketua Panitia         : Kosdara, S.Pd.
Sekretaris              : Denden Gumilar,S.Pd. Nunuh Nugraha
Bendahara             : Hj.Siti Wahyuni,S.Pd., Adjat Sutardjat
Anggota                 : Saptudin, S.Ag.         
 Olid Cholidin
 H.Sutiana, S.Pd.      
 Jujun Junaedi,S.Pd.
 Pendi Supendi, S.Pd.   
 Yusup Suparlan, S.Pd.
 Hj.Ana Herlina S.Pd.   
 Ani Nuryani, S.Ag. M.Pd.
 Ika Hastikah, S.Pdi.      
 Dadang Kurnia, S.Pd.
                                          Asep Rohmat                
Agus Zenal (Ketua RT 02 /RW 05 HBO Desa Jayagiri )     

                   
I.     SEKRETARIAT PANITIA DAN DONASI
Donasi dapat disampaikan langsung kepada Panitia Pembangunan Masjid Al-Amanah
 dengan alamat :
           Masjid Al-Amanah
– Kampus SMP Negeri 3 Lembang (Ruang Green House)
Jl. Raya Lembang No.29  Desa Jayagiri Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.
E-mail : smpn3_kbb@yahoo.com
Donasi juga bisa disampaikan dengan transfer ATM antar Bank dan konfirmasi via SMS atau E-mail secara online. Untuk info selengkapnya dapat mengunjungi website masjid kami dengan alamat url sebagai berikut :
Bank Jabar Banten (BJB) Kantor Cabang Pembantu Lembang
No. Rek. 0012013159100
A/n.   SMPN 3 LEMBANG
Contact Person :
1.Drs. H. Wawan Kuswandi,M.Pd. (081573570009)
2. Kosdara,S.Pd. (081222503771)
3. Olid Cholidin (085222425537)
4. Denden Gumilar,S.Pd. (081220894573)
5. Hj.Siti Wahyuni,S.Pd. (081224501495)

J.   KHATIMAH
Pada bagian penutup ini, panitia pembangunan Masjid Al-Amanah
SMP Negeri 3 Lembang mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendermakan baik harta, pikiran maupun tenaga, dimana kesemua itu tidak lain kita berharap akan menjadi catatan amal kebaikan dan penolong kita pada hari kiamat nanti. Insya’ Allah ini semua akan menjadi amal yang pahalanya senantiasa mengalir hingga kita di akhirat nanti.
Akhirnya, semoga Allah SWT senantiasa memberikan keluasan dan keberkahan rezki kepada kita semua sehingga kita semua dapat melakukan amal sholeh yang akan menjadi pemberat timbangan kebaikan kita di alam masyar. Amiin.


K.   LAMPIRAN-LAMPIRAN 
PERENCANAAN :

PROGRES PEKERJAAN LANTAI 1 :

Pembongkaran Atap Masjid Lama,dan pemasangan beton/besi balok

  

















Pemasangan kontruksi beton pelebaran ke arah depan


















Pemasangan beton/besi balok Lantai 1


Pemasangan beton/besi balok Lantai 1












PEKERJAAN LANTAI 1

Pekerjaan Lantai 1 Alhamdulillah beres





TAMPAK DEPAN


PROGRES PEKERJAAN LANTAI 2





















 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI-TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK

Dijual Bibit Buah Naga