KUMPULAN DO'A - DO'A MUSTAJAB


Kumpulan Doa-doa Mustajab
Nabi Muhammad SAW. bersabda, “Doa adalah senjata orang mukmin, pilar agama, dan cahaya bagi langit dan bumi.” Kekuatan doa pun tidak perlu diragukan lagi, sebab apa pun yang kita panjatkan, selama tidak untuk kejahatan dan pemutusan silaturahmi, pasti cepat atau lambat akan dikabulkan oleh Allah jika dilakukan dengan benar dan tepat sesuai tuntunan Rasulullah sebab itu merupakan janji Allah kepada kita.
“Setiap hamba yang berdoa kepada Allah, pastilah doanya itu dikabulkan, atau Allah menjauhkannya dari kejahatan, selama ia berdoa memohon sesuatu yang tidak membawa kepada dosa atau memutuskan silaturahmi.” (H.R. at-Tirmizi)
“Tidaklah seorang muslim yang berdoa dengan doa yang tidak mengandung kejahatan dan pemutusan silaturahmi, kecuali Allah akan memberikan kepadanya satu dari tiga hal: (1) pengabulan doanya dipercepat; (2) pengabulan doanya diakhirkan di akhirat; (3) ia akan dihindarkan dari kejelekan yang semisal.” (H.R. Ahmad)
Sebagai manusia, sudah sewajarnya kita ingin agar doa kita senantiasa dikabulkan secepatnya oleh Allah. Doa yang demikian dinamakan doa yang mustajab atau doa yang segera / langsung dikabulkan oleh Allah, tanpa harus tertunda lagi. Ada 10 macam golongan orang yang doanya mustajab:
  1. Doa seorang muslim terhadap saudaranya tanpa sepengetahuannya (H.R. Muslim)
  2. Doa orang yang banyak berdoa (H.R. Tirmizi)
  3. Doa orang yang teraniaya (H.R. Muslim)
  4. Doa orang tua kepada anaknya (H.R. Abu Daud)
  5. Doa seorang musafir (H.R. Abu Daud)
  6. Doa orang yang berpuasa (H.R. al-Baihaqi)
  7. Doa orang dalam keadaan terpaksa / terjepit keadaan (Q.S. an-Naml [27]:62)
  8. Doa anak yang berbakti kepada orang tuanya (H.R. al-Bazzar)
  9. Doa pemimpin yang adil (H.R. al-Baihaqi)
  10. Doa orang yang bertobat (Q.S. an-Nisa’ [4]:110)
Sedangkan berikut ini adalah lokasi atau tempat dimana doa yang kita baca di sana akan mustajab:
  • Ka’bah (H.R. Thabrani)
  • Multazam (H.R. Thabrani)
  • Masjid Agung (Masjidil Haram, Masjid Nabawi, Masjidil Aqsha)
  • Antara Bukit Shafa dan Marwa (H.R. Muslim)
  • Raudhah, Masjid Nabawi, setelah menunaikan shalat dua raka’at
  • Di belakang Maqam Ibrahim
  • Di Padang Arafah, ketika wukuf

1.DO`A MASUK WC
 "ALLOOHUMMA INNI A`UUDZU BIKA MINAL KHUBUTSI WALKHOBAITS"

 ARTINYA :
"YA ALLAH, SESUNGGUHNYA AKU BERLINDUNG KEPADA-MU DARI SEGALA KEJAHATAN DAN KOTORAN"


2.DO`A KELUAR WC
"ALHAMDU LILLAHILLADZI ADZHABA`ANIL ADZAA WA`AAFAANI"
 ARTINYA :
"SEGALA FUJI BAGI ALLAH YANG TELAH MENGHILANGKAN KOTORAN DARI BADANKU DAN YANG TELAH MENYELAMATKAN AKU" 


3.Doa Mohon Diperbaiki Urusan Dunia Dan Akhirat
Bacaan Doa Mohon Diperbaiki Urusan Dunia Dan Akhirat
“Allahumma ‘ashlihlii diinilladzii huwa ‘ishmatu ‘amrii wa ‘ashlihlii dunyaayallatii fiihaa ma’aasyii wa ‘ashlih aakhiratillatii fiihaa ma’aadii waj’alihayaata dziyaadatanlii fi kulli khairin waj’alil mauta raahatanlii min kulli syarr”
Arti Doa Mohon Diperbaiki Urusan Dunia Dan Akhirat
“Ya Allah, perbaikilah agamaku untukku, yang ia merupakan benteng pelindung bagi urusanku. Perbaikilah duniaku untukku, yang ia menjadi tempat hidupku. Dan perbaikilah akhiratku, yang ia menjadi tempat kembaliku. Jadikanlah kehidupan ini sebagai tambahan bagiku dalam setiap kebaikan, serta jadikanlah kematian sebagai kebebasan bagiku dari segala kejahatan. (HR Muslim, Al-Nasa’i, dan Al-Thabarani)”

4.   Doa Niat Puasa Ramadhan
Doa berikut ini dibaca pada saat kita melakukan sahur di bulan ramadhan.
Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan
“Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa-i fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillaahi ta’aalaa”
Arti Doa Niat Puasa Ramadhan
“Sengaja saya berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah semata.”


5.  Doa Berbuka Puasa
Doa berikut ini dibaca pada saat kita berbuka puasa, baik saat menjalankan puasa wajib (Ramadhan) atau puasa-puasa sunah lainnya.
Bacaan Doa Berbuka Puasa
“Allahumma laka shumtu wa bika aamantu, wa ‘alaa rizqika afthartu, dzahabazh zhama-u, wabtallatil ‘uruuqu wa utsbital ajru insyaa allaah”
Arti Doa Berbuka Puasa
“Ya Allah, karenaMu aku berpuasa dan hanya kepada-Mu saya beriman dan dengan rezeki-Mu saya berbuka, dahaga telah lenyap dan urat-urat telah basah (segar) serta mudah-mudahan pahalanya ditetapkan.”

6.  Doa Mohon Kebaikan Yang Tetap

Bacaan Doa Mohon Kebaikan Yang Tetap
“Waktub ‘alainaa fii haadzihid-dunyaa hasanataw wa fii ‘aakhirah, ‘innaa hudnaa ‘ilaik”
Arti Doa Mohon Kebaikan Yang Tetap
“Dan tetapkanlah untuk kami kebajikan di dunia ini dan di akhirat, sesungguhnya kami kembali (bertobat) kepada Engkau. (QS Al-A’raaf [7]:156)”

7.Dan Rezeki

Bacaan Doa Mohon Doa Mohon Ampunan, Rahmat, Hidayah, Keselamatan Ampunan, Rahmat, Hidayah, Keselamatan, Dan Rezeki
“Allaahummaghfirlii, allaahummarhamnii, allaahummahdinii, allaahumma saddidnii, allaahumma ‘aafinii, allaahummarzuqnii”
Arti Doa Mohon Ampunan, Rahmat, Hidayah, Keselamatan, Dan Rezeki
“Ya Allah, ampunilah aku, sayangilah aku, berikanlah petunjuk kepadaku, limpahkanlah afiat (kesejahteraan) kepadaku, serta karuniakanlah rezeki kepadaku. (HR Ibn Abi Syaibah)”

8.Doa Mohon Khasiat Kebaikan Dari Al-Qur’an

Bacaan Doa Mohon Khasiat Kebaikan Dari Al-Qur’an
“Allaahummaghfirlii bi al-qur’aani. Allaahummarhamnii bi al-qur’aani. Allaahummahdinii bii al-qur’aani. Allaahummarzuqnii bi al-qur’aani.”
Arti Doa Mohon Khasiat Kebaikan Dari Al-Qur’an
“Ya Allah, ampunilah aku dengan Al-Quran. Ya Allah, kasihilah aku dengan Al-Quran. Ya Allah, berilah petunjuk kepadaku dengan Al-Quran. Ya Allah, berilah rezeki kepadaku dengan Al-Quran. (HR Ibn Abi Syaibah)”

9.Doa Mohon Ampunan Pada Hari Perhitungan

Bacaan Doa Mohon Ampunan Pada Hari Perhitungan
“Rabbanaaghfirlii wa li waalidayya wa lil-mu’miniina yauma yaquumu al-hisaab”
Arti Doa Mohon Ampunan Pada Hari Perhitungan
“Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakannya perhitungan (Hari Kiamat). (QS Ibraahiim [14]:41)”

10.Doa Mohon Karunia Dan Rahmat Allah

Bacaan Doa Mohon Karunia Dan Rahmat Allah
“Allaahumma innii as’aluka min fadhlika wa rahmatika fa innahu laa yamlikuhaa illaa anta”
Arti Doa Mohon Karunia Dan Rahmat Allah
“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu karunia dan rahmat-Mu, karena tidak ada yang memilikinya kecuali Engkau. (HR Ibn Abi Syaibah, Al-Thabarani, Al-Baihaqi)”

11.Doa Mohon Ampunan Diri, Keluarga, Dan Orang-Orang Mukmin

Bacaan Doa Mohon Ampunan Diri, Keluarga, Dan Orang-Orang Mukmin
“Rabbighfirlii wa li waalidayya wa li man dakhala baitiya mu’minan wa lil-mu’miniina wa laa tazidi al-zhaalimiina illaa tabaaraan”
Arti Doa Mohon Ampunan Diri, Keluarga, Dan Orang-Orang Mukmin
“Ya Tuhanku, ampunilah aku, ibu bapakku, siapa pun yang memasuki rumahku dengan beriman, dan semua orang beriman, laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kehancuran. (QS Nuh [71]:28)”

12.Doa Mohon Ampunan Dan Terhindar Dari Kedengkian Terhadap Orang-Orang Beriman

Bacaan Doa Mohon Ampunan Dan Terhindar Dari Kedengkian Terhadap Orang-Orang Beriman
“Rabbanaaghfirlanaa wa li ikhwaaninaa alladziina sabaquunaa bi al-iimaani wa laa taj’al fii quluubinaa ghillan lilladziina aamanuu. Rabbanaa innaka ra’uufun rahiimun.”
Arti Doa Mohon Ampunan Dan Terhindar Dari Kedengkian Terhadap Orang-Orang Beriman
“Ya Rabb kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau tanamkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-

orang yang beriman. Ya Rabb kami, sungguh Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang. (QS Al-Hasyr [59]:10)”

13.Doa Mohon Diringankan Beban Hidup

Bacaan Doa Mohon Diringankan Beban Hidup
“Rabbanaa laa tu’aakhidznaa in nasiinaa au akhtha’naa. Rabbanaa wa laa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘alaa alladziina min qablina. Rabbanaa wa laa tuhammilnaa maa laa thaa qatalanaa bihi wa’fu’annaa waghfirlanaa warhamnaa anta maulaanaa fanshurnaa ‘alaa al-qaumi al-kaafiriin.”
Arti Doa Mohon Diringankan Beban Hidup
“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat, sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir. (QS Al-Baqarah [2]:286)”

14.Doa Mohon Terhindar Dari Lilitan Utang

Sudah pasti tidak ada di antara kita yang ingin berutang karena kekurangan. Kita ingin dikarunia kecukupan harta, sehingga tidak perlu berhutang. Sebab, utang merupakan tanggungan yang acap kali membuat orang tidak bisa tidur nyenyak dan makan enak. Bagaimana bisa bahagia?
Kondisi inilah yang dialami oleh Abu Umamah, salah satu sahabat Rasulullah SAW, sehingga dia pun berhari-hari lamanya hanya duduk di masjid, padahal di luar waktu shalat. Ketika Rasulullah datang dan menanyakan kenapa dia melakukan itu, dia menjawab bahwa kedukaan dan utangnya sungguh membuatnya nestapa. Rasulullah SAW pun kemudian mengajarkan doa di bawah ini yang dapat membantu menjauhkan diri kita dari kedukaan dan jeratan hutang.
Bacaan Doa Mohon Terhindar Dari Lilitan Utang
“Allaahumma innii a’uuzubika minal hammi wal hazani wa a’uuzubika minal ‘ajzi wal kasali wa a’uuzubika minal jubni wal bukhli, wa a’uuzubika min galabatid daini wa qahrir rijaal.”
Arti Doa Mohon Terhindar Dari Lilitan Utang
“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan dan kedukaan. Aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan rasa malas. Aku berlindung kepada-Mu dari rasa takut (pengecut) dan kikir. Dan aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan cengkeraman orang-orang yang berkuasa. (H.R. Abu Daud)”

15.Doa Agar Menjadi Orang Yang Mendirikan Shalat

Dalam salah satu riwayat, Rasulullah SAW bersabda bahwa salah satu kebahagiaan beliau adalah ketika melakukan salat. Ketika sedang shalat, beliau larut dalam munajat dengan Sang Kekasih. Beliau seolah sudah melupakan dunia fana dan mi’raj kepada Allah. Begitu banyak riwayat yang menceritakan bahwa begitu lama beliau melakukan shalat malam. Bisa berjam-jam. Bahkan hingga kaki beliau bengkak saking lamanya. Namun itu semua tidak dirasakan karena kenikmatan salat yang luar biasa.
Kenapa itu bisa terjadi? Karena beliau sangat khusyuk. Kekhusyukan beliau sudah mencapai tingkat puncak. Tidak ada satu pun manusia yang dapat menandingi beliau. Kita berharap agar bisa dikarunia kekhusyukan tersebut (baca Tips Salat Khusyuk) dan berlimpah kebahagiaan ketika menghadap Allah. Kita pun menjadi orang yang mendirikan salat (muqiim as-salaah). Nah, untuk meraih anugerah tersebut, sebaiknya kita membaca doa berikut ini. Doa ini tidak hanya berisi permohonan untuk diri sendiri, melainkan juga untuk keturunan kita.
Bacaan Doa Agar Menjadi Orang Yang Mendirikan Shalat
“Rabbij’anii muqiimas salaati wa min zurriyyatii rabbanaa wa taqabbal du’a'i”
Arti Doa Agar Menjadi Orang Yang Mendirikan Shalat
“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. (Q.S. Ibrahim [14]: 40)”

16.Doa Mohon Kelapangan Hati

Setiap manusia pasti tidak pernah lepas dari masalah. Besar atau kecil, masalah selalu ada. Itulah romantika kehidupan. Yang menjadi persoalan bukanlah bagaimana melenyapkan masalah sama sekali dari kehidupan ini karena nyaris tidak mungkin itu terjadi. Melainkan, bagaiaman kita menghadapi masalah tersebut.
Apabila setiap masalah disikapi dengan kedewasaan dan kelapangan dada, tentunya masalah akan terasa ringan, walaupun masalah itu sebenarnya benar. Sebaliknya juga begitu. Ketika masalah disikapi dengan kesempitan dada, ujungnya akan berbeda. Masalah yang kecil dan remeh malah bisa membuat dada sesak, pikiran kacau, kepala pusing, dan sebagainya. Karena itu, dalam doa berikut, kita memohon kepada Allah agar dikaruniai kelapangan hati dalam menghadapi masalah apapun. Sunggu bahagia diri ini bila bisa berlapang dada menghadapi berbagai masalah.
Doa berikut ini dipanjatkan oleh Nabi Musa ketika hendak berdakwah kepada Firaun yang mengaku sebagai tuhan. Karena mini ini begitu berat, Nabi Musa memohon agar dilapangkan dadanya.
Bacaan Doa Mohon Kelapangan Hati
“Rabbisy rahlii sadrii wa yassir lii amrii wahlul ‘ugdatan mil lisaanii yafqahuu qaulii”
Arti Doa Mohon Kelapangan Hati
“Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekauan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku. (Q.S. Thaha [20]: 25-28)”

17.Doa Pembuka Hati (I)

Doa berikut ini biasanya dibaca pada saat kita sedang menghadapi masalah dan harus segera mencari penyelesaian / mengambil keputusan.
Bacaan Doa Pembuka Hati (I)
“Yaa fattaahu yaa ‘aliim, yaa allaahu yaa’azhiim, rabbiftah quluubanaa futuuhal ‘arifin”
Arti Doa Pembuka Hati (I)
“Wahai Dzat yang Maha Pembuka dan Maha Mengetahui, wahai Allah Dzat yang Maha Agung, bukalah pintu hatiku dengan pembukaan orang-orang yang berilmu pengetahuan.”

18. Doa Pembuka Hati (II)

Doa berikut ini biasanya dibaca pada saat kita sedang menghadapi masalah dan harus segera mencari penyelesaian / mengambil keputusan.
Bacaan Doa Pembuka Hati (II)
“Allaahumma nawwir qalbii binuuri hidaayatika kamaa nawwartal ardha binuuri syamsika abaadan, birahmatika yaa ar-hamar raahimin”
Arti Doa Pembuka Hati (II)
“Ya Allah, sinarilah hatiku dengan cahaya petunjuk-Mu sebagaimana Engkau telah menyinari bumi dengan cahaya matahari-Mu selama-lamanya, dengan rahmat-Mu wahai Dzat yang paling penyayang”

19.Doa Tertimpa Musibah

Sedih dan marah, itulah sikap mayoritas dari kita ketika tertimpa musibah. Ketika ada harta benda kita yang hilang, kita begitu dongkol dan geregetan. Ketika ada anggota keluarga kita yang wafat, kita pun berduka tiada habisnya. Memang, kesedihan itu tidak salah, akan tetapi, jika berlebihan tentunya tidak dibenarkan.
Sabar adalah kunci untuk menghadapi kesedihan tersebut. Yakinlah bahwa kesabaran itu pasti diganjar oleh Allah. Allah bersama orang-orang yang sabar. Selain itu kita perlu menyadari bahwa semuanya adalah milik Allah dan pasti akan kembali pada-Nya. Selanjutnya, mohonlah kepada Allah agar diberikan ganti yang lebih baik.
Doa berikut ini diajarkan oleh Rasulullah SAW dan dibaca pada saat kita sedang tertimpa bencana / musibah.
Bacaan Doa Tertimpa Musibah
“Innaa lillaahi wa-innaa ilaihi raa-ji’uuna. Allaahummaajirni fii mushiibatii wakhluf lii khairam minhaa”
Arti Doa Tertimpa Musibah
“Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya lah kami akan kembali. Ya Allah, berikanlah aku pahala dalam musibah ini, gantilah musibahku ini dengan sesuatu yang lebih baik dari padanya. (H.R. Abu Daud)

20. Doa Malam


Yaa Allah mungkin selama ini sifatku di mataMu salah, mungkin tutur kataku di mataMu keliru…

Yaa Allah ada cela dimana aku pernah mengecewakanMu, ada noda dimana aku pernah melupakanMu…

Yaa Allah jiwaku yang kering saat ini, aku mohon padaMu….siramlah aku dengan kalamMu

Yaa Allah saat kau ketuk langkahku hingga aku terjatuh, Engkau cepat menjamahku hingga luka terantuk batu tidak terjadi

Yaa Allah saat Engkau hempaskan aku ke samuderamu, Engkau cepat menarikku hingga aku kembali ke pangkuanMu

Yaa Allah separuh nafas hidup ini kuhabiskan dalam kobar kemaksiatan dan sejengkal langkah ini kuhabiskan dalam lingkaran kesenangan

Yaa Allah jangan kau campakkan aku di saat aku membutuhkanMu, tegurlah aku sehalus mungkin jika aku salah melangkah

Yaa Allah mudahkanlah aku saat menghadapi pintu sakaratul mautMu

Yaa Allah jadikanlah kain kafan ini kelak menjadi selimut yang hangat dalam dinginnya gelap kuburMu

Yaa Allah bangunkanlah aku dari tidurku dengan sangsakala agar aku bersujud di sajadahMu

Yaa Allah mudahkanlah langkahku saat menapaki shiratMu

Yaa Allah buatlah alur yang mudah untuk aku menuju firdausMu

Yaa Allah ampuni dosa dosaku yang nyata maupun yang kasat mata

Yaa Allah ampuni dosa ibuku dan ayahku

Yaa Allah jadikanlah aku imam yang baik bagi istri dan anak – anakku

Yaa Allah berikanlah keteladanan aku di mata saudara, sahabatku sehingga mereka menyayangiku

Yaa Allah hanya kepadaMu aku memohon dan meminta dan hanya kepadaMu aku berserah diri

Amin Yaa Rabbal ‘alamin

21.Doa Mohon Disucikan Dari Segala Dosa

Bacaan Doa Mohon Disucikan Dari Segala Dosa
“Allaahumma thahhirnii min al-dzunuubi wa al-khathaayaa. Allaahumma naqqinii minhaa kamaa yunaqqaa al-tsaubu al-abyadhu min al-danasi. Allaahumma thahirnii bi al-tsalji wa al-baradi wa al-maa’i al-baaridi.”
Arti Doa Mohon Disucikan Dari Segala Dosa
“Ya Allah, sucikanlah diriku dari berbagai dosa dan kesalahan. Ya Allah, bersihkanlah diriku darinya sebagaimana dibersihkannya kain putih dari kotoran. Ya Allah, sucikanlah diriku dengan salju, embun, dan air yang dingin. (HR Al-Nasa’i)”

22.Doa Mohon Ampunan Dari Tindakan Melampaui Batas

Bacaan Doa Mohon Ampunan Dari Tindakan Melampaui Batas
“Rabbanaaghfirlanaa dzunuubanaa wa israafanaa fii amrinaa wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa ‘alaa al-qaumi al-kaafiriin”
Arti Doa Mohon Ampunan Dari Tindakan Melampaui Batas
“Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebihan (dalam) urusan kami, dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir. (QS Aali ‘Imraan [3]:147)”

23.Doa Tobat

Bacaan Doa Tobat
“Allaahumma innii zhalamtu nafsii zhulman katsiiran wa laa yaghfiru al-dzunuuba illaa anta faghfirlii maghfiratan min ‘indika warhamnii innaka anta al-ghafuuru al-rahiim”
Arti Doa Tobat
“Ya Allah, aku telah banyak berbuat zalim terhadap diriku sendiri, dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau. Maka, curahkanlah ampunan dan belas kasih kepadaku dari sisi-Mu. Sungguh Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (HR Al-Bukhari, Muslim, AL-Tirmidzi, Al-Nasa’i, Ibn Majah, Ahmad, Ibn Hibban, dan Ibn Khuzaimah)”

24.Doa Agar Seseorang Mencintai Dan Dicintai Orang Beriman

Bacaan Doa Agar Seseorang Mencintai Dan Dicintai Orang Beriman
“Allaahumma habbib ‘abiidaka haadzaa wa ummahu ilaa ‘ibaadika al-mu’miniina wa habbib ilaihim al-mu’miniin”
Arti Doa Agar Seseorang Mencintai Dan Dicintai Orang Beriman
“Ya Allah, jadikanlah hamba kecil-Mu dan ibunya mencintai hamba-hamba-Mu yang beriman, dan jadikanlah orang-orang yang beriman mencintai mereka. (HR Muslim)”

27.Doa Mohon Kasih Sayang Ketika Ditimpa Penyakit

Bacaan Doa Mohon Kasih Sayang Ketika Ditimpa Penyakit
“Annii massaniya al-dhurru wa anta arhamu al-raahimiin”
Arti Doa Mohon Kasih Sayang Ketika Ditimpa Penyakit
“(Ya Tuhanku,) sungguh aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua penyayang. (QS Al-Anbiyaa’ [21]:83)”

28.Doa Mohon Kasih Sayang Bagi Orangtua

Bacaan Doa Mohon Kasih Sayang Bagi Orangtua
“Rabbirhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiiran”
Arti Doa Mohon Kasih Sayang Bagi Orangtua
“Wahai Tuhanku, sayangilah mereka (orang tua) berdua, sebagaimana mereka telah mendidik aku sewaktu kecil. (QS Al-Israa’ [17]:24)”

29.Doa Mohon Ampunan Dan Kasih Sayang

Bacaan Doa Mohon Ampunan Dan Kasih Sayang
“Rabbanaa aamannaa faghfirlanaa warhamnaa wa anta khairu al-raahimiin”
Arti Doa Mohon Ampunan Dan Kasih Sayang
“Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat, Engkau adalah pemberi rahmat yang terbaik. (QS Al-Mu’minuun [23]:109)”

30.Doa Untuk Orang Yang Baru Masuk Islam

Bacaan Doa Untuk Orang Yang Baru Masuk Islam
“Allaahumma tsabbithu waj’alhu haadiyan wa mahdiyyan”
Arti Doa Untuk Orang Yang Baru Masuk Islam
“Ya Allah, tetapkanlah ia (Islam) dan jadikanlah ia sebagai penunjuk yang selalu memberi petunjuk (HR Al-Bukhari, Muslim, Ibn Majah, Ahmad, Al-Baihaqi, Al-Nasa’i, dan Al-Thabarani)”

31. Doa Mohon Perlindungan Dari Sikap Murtad

Bacaan Doa Mohon Perlindungan Dari Sikap Murtad
“Allaahumma innaa na’uudzubika an narji’a ‘alaa a’qaabinaa au nuftana ‘an diininaa”
Arti Doa Mohon Perlindungan Dari Sikap Murtad
“Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari masalah yang dapat mengembalikan kami ke masa lalu atau dapat mengacaukan kami. (HR Al-Bukhari, Muslim, dan Al-Thabarani)”

32.Doa Mohon Perlindungan Dari Kesesatan

Bacaan Doa Mohon Perlindungan Dari Kesesatan
“Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu wa bika khaashamtu. Allaahumma innii a’uudzu bi ‘izzatika laa ilaaha illaa anta an tudhillanii. Anta al-hayyu alladzii laa yamuutu wa al-jinnu wa al-insaanu yamuutuuna.”
Arti Doa Mohon Perlindungan Dari Kesesatan
“Ya Allah, kepada-Mulah aku berserah diri, kepada-Mulah aku beriman, kepada-Mulah aku bertawakal, kepada-Mu pula aku kembali (bertobat), dan dengan nama-Mu aku membela. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan keperkasaan-Mu, tidak ada tuhan yang berhak untuk diibadahi dengan benar kecuali Engkau, agar Engkau tidak menyesatkan diriku. Engkaulah Mahahidup yang tidak akan pernah mati, sedangkan jin dan manusia semuanya akan mati. (HR Muslim, Ahmad, dan Ibn Hibban)”

33.Doa Mohon Agar Terhindar Dari Bahaya Syirik

Bacaan Doa Mohon Agar Terhindar Dari Bahaya Syirik
“Allaahumma innaa na’uudzubika min an nusyrikabika syai’an na’lamuhu wa nastaghfiruka limaa laa na’lamu”
Arti Doa Mohon Agar Terhindar Dari Bahaya Syirik
“Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu, sedang kami mengetahuinya, dan kami memohon ampunan kepada-Mu atas apa yang kami tidak mengetahuinya. (HR Ahmad, Ibn Abi Syaibah, dan Al-Thabarani)”

34.Doa Mohon Kelancaran Ketika Berbicara

Bacaan Doa Mohon Kelancaran Ketika Berbicara
“Rabbisyrahlii shadrii wa yassirlii amrii wahlul ‘uqdatan min lisaanii yafqahuu qaulii”
Arti Doa Mohon Kelancaran Ketika Berbicara
“Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuanku dari lidahku agar mereka mengerti perkataanku. (QS Al-Thaa’Haa’ [20]:25-28)”

35.Doa Mohon Petunjuk Mengatasi Krisis Kepercayaan Dari Orang Lain

Bacaan Doa Mohon Petunjuk Mengatasi Krisis Kepercayaan Dari Orang Lain
“Rbbi inna qaumii kadzdzabuuni faftah bainii wa bainahum fathan wa najjinii wa man ma’iya min al-mu’miniin”
Arti Doa Mohon Petunjuk Mengatasi Krisis Kepercayaan Dari Orang Lain
“Ya Tuhanku, sungguh kaumku telah mendustakan aku. Maka, berilah suatu keputusan antara aku dengan mereka, dan selamatkanlah aku dan mereka yang beriman bersamaku. (QS Al-Syu’araa’ [26]:117-118)”

36.Doa Mohon Dibukakan Kebenaran Untuk Bangsa

Bacaan Doa Mohon Dibukakan Kebenaran Untuk Bangsa
“Rabbanaaftah bainanaa wa baina qauminaa bi al-haqqi wa anta khairu al-faatihiin”
Arti Doa Mohon Dibukakan Kebenaran Untuk Bangsa
“Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan haq (adil). Engkaulah pemberi keputusan terbaik. (QS Al-A’raaf [7]:89)”

37.Doa Ketika Kebenaran Didustakan

Bacaan Doa Ketika Kebenaran Didustakan
“Rabbinshurnii bimaa kadzdzabuuni”
Arti Doa Ketika Kebenaran Didustakan
“Ya Tuhanku, tolonglah aku, karena mereka mendustakan aku. (QS Al-Mu’minuun [23]:26)”

38 .Doa Ketika Mencari Kebenaran

Bacaan Doa Ketika Mencari Kebenaran
“Allaahumma arinaa al-haqqa haqqan fanattabi’uhu wa arinaa al-baathila baathilan fanajtanibuhu wa laa taj’al dzaalika mutasyaabihan ‘alainaa fanatba’u al-hawaa”
Arti Doa Ketika Mencari Kebenaran
“Ya Allah, tampakkanlah kepada kami yang haq itu benar-benar haq, dan berilah kami hidayah untuk mengikutinya. Dan tampakkanlah yang batil itu benar-benar bail, dan berilah kami keinginan untuk menjauhinya. Janganlah Engkau jadikan hal itu samar sehingga kami mengikuti hawa nafsu. (Kitab Quut Al-Quluub)”

39.Doa Mohon Agar Menjadi Saksi Atas Kebenaran Al-Quran dan Kenabian Muhammad SAW

Bacaan Doa Mohon Agar Menjadi Saksi Atas Kebenaran Al-Quran dan Kenabian Muhammad SAW
“Rabbanaa aamannaa faktubnaa ma’a al-syaahidiin”
Arti Doa Mohon Agar Menjadi Saksi Atas Kebenaran Al-Quran dan Kenabian Muhammad SAW
“Ya Tuhan, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al-Quran dan kenabian Muhammad SAW) (QS Al-Maa’idah [5]:83)”

40.Doa Mohon Dijauhkan Dari Kesesatan Setelah Diberi Petunjuk Dan Rahmat

Bacaan Doa Mohon Dijauhkan Dari Kesesatan Setelah Diberi Petunjuk Dan Rahmat
“Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wa hablanaa min ladunka rahmatan innaka anta al-wahhaab”
Arti Doa Mohon Dijauhkan Dari Kesesatan Setelah Diberi Petunjuk Dan Rahmat
“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami pada kesesatan sesudah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. (QS Aali ‘Imraan [3]:8)”

41.Doa Mohon Petunjuk, Ketakwaan, Kesucian, dan Kecukupan

Bacaan Doa Mohon Petunjuk, Ketakwaan, Kesucian, dan Kecukupan
“Allaahumma innii as’aluka al-tuqaa wa al-hudaa wa al-’afaafa wa al-ghinaa”
Arti Doa Mohon Petunjuk, Ketakwaan, Kesucian, dan Kecukupan
“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon petunjuk, ketakwaan, kesucian (dijauhkan dari hal-hal yang tidak halal atau tidak baik), dan kecukupan. (HR Ahmad)”

42.Doa Mohon Diberi Kemudahan Pada Petunjuk Islam

Bacaan Doa Mohon Diberi Kemudahan Pada Petunjuk Islam
“Rabbanaa waj’alnaa muslimaini laka wa min dzurriyyatinaa ummatan muslimatan laka wa arinaa manaasikanaa wa tub ‘alainaa innaka anta al-tawwaabu al-rahiim”
Arti Doa Mohon Diberi Kemudahan Pada Petunjuk Islam
“Ya Tuhan kami, jadikanlah kami orang yang berserah diri kepada-Mu, dan anak cucu kami (juga) umat yang berserah diri kepada-Mu. Dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah (haji) kami, dan terimalah tobat kami. Sungguh Engkaulah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang. (QS Al-Baqarah [2]:128)”

43.Doa Memohon Rahmat dan Kesempurnaan Petunjuk Yang Lurus

Bacaan Doa Memohon Rahmat dan Kesempurnaan Petunjuk Yang Lurus
“Rabbanaa aatinaa min ladunka rahmatan wa hayyi’lanaa min amrinaa rasyadan”
Arti Doa Memohon Rahmat dan Kesempurnaan Petunjuk Yang Lurus
“Ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami (QS Al-Kahf [18]:10)”

44.Doa Agar Diberi Keteguhan Petunjuk

Bacaan Doa Agar Diberi Keteguhan Petunjuk
“Allaahumma tsabbitnii waj’alnii haadiyan mahdiyyan”
Arti Doa Agar Diberi Keteguhan Petunjuk
“Ya Allah, teguhkanlah diriku, jadikanlah diriku pemberi petunjuk yang sellau memberi petunjuk. (HR Al-Bukhari, Muslim, Al-Tirmidzi, Ibn Majah, Ahmad, Ibn Abi Syaibah, Al-Nasa’i, Al-Baihaqi, Al-Thabarani, dan Ibn Hibban)”

45.Doa Mohon Kelurusan Diri dan Petunjuk

Bacaan Doa Mohon Kelurusan Diri dan Petunjuk
“Allaahumma innii as’aluka al-sadaad wa al-hudaa”
Arti Doa Mohon Kelurusan Diri dan Petunjuk
“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kelurusan diri dan petunjuk. (HR Abu ‘Awanah, Al-Thayalisi, dan Abu Dawud)”

46.Doa Mohon Perlindungan Dari Sifat Jelek Dan Mohon Kebersihan Hati

Bacaan Doa Mohon Perlindungan Dari Sifat Jelek Dan Mohon Kebersihan Hati
“Allaahumma innii a’uudzubika min al-’ajzi wa al-kasali wa al-jubni wa al-bukhli wa al-harami wa ‘adzaabi al-qabri. Allaahumma aati nafsii taqwaahaa wa zakkihaa anta khairu man zakkaahaa anta waliyyuhaa wa maulaahaa. Allaahumma innii a’uudzubika min ‘ilmin laa yanfa’u wa min qalbin laa yakhsya’u wa min nafsin laa tasyba’u wa min da’watin laa yustajaabu bihaa.”
Arti Doa Mohon Perlindungan Dari Sifat Jelek Dan Mohon Kebersihan Hati
“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, kemalasan, kepengecutan, kebathilan, kepikunan, dan azab kubur. Ya Allah, berikanlah kepada diriku ketakwaannya, dan sucikanlah ia. Engkau sebaik-baik yang menyucikannya; Engkau adalah Yang Mengurusnya dan Majikannya. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk dan nafsu yang tidak kenyang, dan dari doa yang tidak dikabulkan. (HR Muslim, AL-Nasa’i, Ahmad, Ibn Abi ‘Ashim, Al-Thabarani, dan Al-Thabari)”

47.Doa Mohon Ketetapan Hati Diri dan Keluarga Dalam Mendirikan Shalat

Bacaan Doa Mohon Ketetapan Hati Diri dan Keluarga Dalam Mendirikan Shalat
“Rabbij’alnii muqiima al-shalaati wa min dzurriyyatii rabbanaa wa taqabbal du’aa’i”
Arti Doa Mohon Ketetapan Hati Diri dan Keluarga Dalam Mendirikan Shalat
“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan shalat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. (QS Ibrahim [14]:14)”

48.Doa Mohon Kekuatan Iman dan Keberlanjutan Nikmat

Bacaan Doa Mohon Kekuatan Iman dan Keberlanjutan Nikmat
“Allaahumma innii as’aluka iimaanan laa yartaddu wa yaqiinan laa yanfadu wa muraafaqata al-nabiyyi shallaallaahu ‘alaihi wa sallama fi a’laa ghurafi al-jannati al-khuldi”
Arti Doa Mohon Kekuatan Iman dan Keberlanjutan Nikmat
“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu iman yang tidak akan lepas, keyakinan yang tidak akan surut, dan menyertai Nabi Muhammad SAW, di surga yang paling tinggi selama-lamanya (HR Ahmad, Ibn Abi Syaibah, Al-Nasa’i, Al-Hakim, Al-Thabarani, Abu Ya’la Al-Maushuli, dan Ibn Hibban)”

49.Doa Mohon Dikarunia Keimanan, Keyakinan, dan Pemahaman Terhadap Agama

Bacaan Doa Mohon Dikarunia Keimanan, Keyakinan, dan Pemahaman Terhadap Agama
“Allaahumma zidnii iimaanan wa yaqiinan wa fahman”
Arti Doa Mohon Dikarunia Keimanan, Keyakinan, dan Pemahaman Terhadap Agama
“Ya Allah, tambahkanlah keimanan, keyakinan, serta pemahaman (HR Al-Thabarani)”

50.Doa Mohon Penyegeraan Keselamatan

Salah satu sifat kita adalah kurang bisa bersabar dalam berdoa. Kita ingin setelah berdoa langsung dikabulkan. Padahal waktu pengabulan doa itu urusan Allah. Ada yang cepat, ada yang lambat. Bahkan ada juga yang ditangguhkan.
Lantas apakah salah jika kita meminta agar pengabulan doa dipercepat? Tidak salah selama kita memohon hal itu kepada Allah. Yang salah adalah ketika kita berburuk sangka kepada Allah karena tidak kunjung mengabulkan doa kita. Sebab tindakan tersebut sama juga dengan menyalahkan Allah. Sungguh tidak sepatutnya itu kita lakukan.
Doa di bawah ini merupakan wujud permohonan kita agar disegerakan keselamatan yang kita minta. Tetapi di samping itu, kita juga memohon agar dikaruniai kesabaran ketika tertimpa ujian.
Bacaan Doa Mohon Penyegeraan Keselamatan
“Allaahumma innii as’aluka ta’jiila ‘aafiyatika wa sabran ‘alaa baliyyatika wa khuruujan minad dunyaa ilaa rahmatika”
Arti Doa Mohon Penyegeraan Keselamatan
“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar disegerakan curahan keselamatan dari sisi-Mu kepadaku, diberikan kesabaran dalam menghadapi cobaan-Mu, dan diberikan jalan keluar dari dunia menuju kepada kasih sayang-Mu. (H.R. Hakim)”

51. Doa Mohon Keselamatan Dunia Dan Akhirat

Keselamatan dunia dan akhirat adalah cita-cita setiap muslim. Karena itu, seorang muslim tidak hanya mengejar kehidupan dunia, tetapi juga akhirat. Tidak hanya kehidupan akhirat, tetapi juga dunia. Keduanya berjalan seiring sejalan. Walaupun tentu saja ketika kedua kepentingan ini bertentangan, maka kehidupan akhirat yang lebih didahulukan, karena ia lebih abadi, sedangkan dunia bersifat fana.
Keinginan untuk selamat di dua alam ini tercermin dalam doa di bawah ini. Selain itu, doa ini juga mengandung permohonan yang diselamatkan tidak hanya pendoa, tetapi juga keluarga dan hartanya. Terkandung juga permintaan agar dijaga dari segala penjuru. Sungguh doa ini cukup komplit.
Bacaan Doa Mohon Keselamatan Dunia Dan Akhirat
“Allaahumma innii as’alukal ‘afwa wa ‘aafiyata fid dunyaa wal aakhirati. Allaahumma innii as’alukal ‘afwa wal ‘aafiyata fi diinii wa dunyaaya wa ahlii wa maalii. Allaahummastur ‘auratii wa aamin rau’atii. Allaahummahfazni min baini yadayya wa min khalfii wa ‘an yamiinii wa ‘an syimaalii wa min fauqii wa a’uuzu bi’azamatika an ugtaala min tahtii.”
Arti Doa Mohon Keselamatan Dunia Dan Akhirat
“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ampunan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ampunan dan keselamatan dalam agamaku, duniaku, keluargaku, dan hartaku. Ya Allah, tutupilah kesalahanku dan amankanlah rasa ketakutanku. Ya Allah, jagalah diriku, baik dari depan maupun dari belakang, dari kanan maupun dari kiri, dan dari atasku. Dan aku memohon perlindungan dengan kebesaran-Mu agar tidak diculik dari arah bawahku. (H.R. Abu Daud)”
52.Salah satu sifat kita adalah kurang bisa bersabar dalam berdoa. Kita ingin setelah berdoa langsung dikabulkan. Padahal waktu pengabulan doa itu urusan Allah. Ada yang cepat, ada yang lambat. Bahkan ada juga yang ditangguhkan.
Lantas apakah salah jika kita meminta agar pengabulan doa dipercepat? Tidak salah selama kita memohon hal itu kepada Allah. Yang salah adalah ketika kita berburuk sangka kepada Allah karena tidak kunjung mengabulkan doa kita. Sebab tindakan tersebut sama juga dengan menyalahkan Allah. Sungguh tidak sepatutnya itu kita lakukan.
Doa di bawah ini merupakan wujud permohonan kita agar disegerakan keselamatan yang kita minta. Tetapi di samping itu, kita juga memohon agar dikaruniai kesabaran ketika tertimpa ujian.
Bacaan Doa Mohon Penyegeraan Keselamatan
“Allaahumma innii as’aluka ta’jiila ‘aafiyatika wa sabran ‘alaa baliyyatika wa khuruujan minad dunyaa ilaa rahmatika”
Arti Doa Mohon Penyegeraan Keselamatan
“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar disegerakan curahan keselamatan dari sisi-Mu kepadaku, diberikan kesabaran dalam menghadapi cobaan-Mu, dan diberikan jalan keluar dari dunia menuju kepada kasih sayang-Mu. (H.R. Hakim)”

52. Doa Mohon Keselamatan Lahir Dan Batin

Dalam diri manusia ada dua sisi yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan: lahir dan batin. Keduanya sama-sama penting untuk diperhatikan. Islam sangat peduli pada dua aspek tersebut. Karena itu, dalam syariat Islam, seluruh ibadah mempunyai hikmah dan manfaat yang terkait pada keduanya. Wudhu misalnya, selain membersihkan anggota tubuh juga membersihkan diri dari dosa. Jadi, ada manfaat lahir dan batin yang diraih dalam wudhu.
Sebagai hamba Allah yang lemah, kita dianjurkan untuk terus bermunajat agar dikarunia kesehatan lahir dan batin. Kita pun memohon agar seluruh anggota tubuh dikarunia kesehatan lahir batin; pandangan dan pendengaran kita dijauhkan dari maksiat. Berikut ini doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk meraih tujuan tersebut.
Bacaan Doa Mohon Keselamatan Lahir Dan Batin
“Allaahumma ‘aafini fi badani, allaahumma ‘aafinii fii sam’ii, allaahumma ‘aafinii fii basarii. Allaahumma innii a’uuzubika minal kufri wal faqri, allaahumma innii a’uuzubika min ‘aazaabil qabri, laa ilaaha illaaanta.”
Arti Doa Mohon Keselamatan Lahir Dan Batin
“Ya Allah, anugerahkanlah kesehatan pada badanku. Ya Allah, anugerahkanlah keselamatan pada pendengaranku. Ya Allah, anugerahkanlah keselamatan pada penglihatanku. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan kemiskinan. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur. Tiada Tuhan melainkan Engkau. (H.R. Abu Daud)”

53.Doa Mohon Ilmu, Rezeki, dan Kesehatan

Tidak salah jika orang mengatakan bahwa kesehatan itu mahal harganya. Ketika kita sakit, pasti kita mau mengeluarkan uang berapapun untuk sembuh. Mulai dari berkonsultasi ke dokter, membeli obat, membayar biaya rumah sakit, dan sebagainya. Bahkan ada yang sampai mengeluarkan biaya berlipat-lipat untuk berobat di luar negeri asalkan penyakitnya bisa sembuh. Sayangnya, ketika sehat kita sering lupa bahwa kesehatan itu sendiri merupakan kenikmatan dari Allah. Karena itu, marilah kita senantiasa mensyukuri nikmat tersebut.
Doa berikut ini merupakan permohonan agar dikarunia kesehatan, rezeki, dan juga ilmu yang bermanfaat.
Bacaan Doa Mohon Ilmu, Rezeki, dan Kesehatan
“Allaahumma innii as’aluka ‘ilman naafi’an wa rizqan waasi’an wa syifa’an min kulli daa’in”
Arti Doa Mohon Ilmu, Rezeki, dan Kesehatan
“Ya Allah, aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan penawar (kesembuhan) dari segala penyakit. (H.R. Thabrani)”

54.Doa Mohon Rezeki

Harta memang bukanlah segalanya dalam kehidupan ini. Tetapi, tanpa harta manusia sulit untuk bisa hidup dengan layak. Karena itu, harta meruapakan salah satu pilar penopang kehidupan. Harta juga sarana meraih kebahagiaan duniawi. Dari pandangan tersebut, muncul anggapan bahwa rezeki yang dilimpahkan oleh Allah kepada manusia senantiasa bertalian dengan harta. Apabila seseorang tidak punya harta, berarti dia tidak diberi rezeki oleh-Nya. Begitu pula sebaliknya.
Namun anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Rezeki dari Allah bisa berbentuk apa saja. Mungkin saja berupa harta, kesehatan, keturunan, jabatan, hidayah, dan lain sebagainya. Semuanya merupakan media manusia untuk merengkuh kebahagiaan. Bayangkan Anda bergelimang harta tetapi sakit sehingga Anda tidak bisa menikmati harta itu. Tentu Anda tidak bahagia, bukan? Karena itu, melalui doa di bawah ini kita memohon kepada Allah untuk mencurahkan rezeki yang seluas-luasnya (tidak hanya harta). Ini adalah doa Nabi Isa yang diabadikan Allah dalam Al Qur’an.
Bacaan Doa Mohon Rezeki
“Allaahumma rabbanaa anzil ‘alainaa maaidatan minas samaai takuunu lanaa ‘idan liawwalinaa wa aakhirinaa wa ayatan minka warzuqna wa anta khairur raaziqiina”
Arti Doa Mohon Rezeki
“Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; berilah kami rezeki dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki. (Q.S. al-Maidah [7]: 114)”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI-TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK

Dijual Bibit Buah Naga